Saturday, August 18, 2007

GW dan Teman Curhat 10 cm

Entah kesambet apa gw dulu, ampe dah kayak angkat sodara ma yang namanya Rokok. Awalnya juga gw yang anti banget ma yang namanya Rokok. Masih ga lupa bagaimana sebelnya kalo ada yang ngudut deket gw. Ngata-ngatain setengah mati mahkluk tolol yang ngudut sambil bo*#r. Lumayan najis liatin temen SMA yang ga bisa mikir gara-gara ga ngudut.

Yahh begitu lah hipotesis awalnya.

Coba-coba ngudut pertama di hiking SMA, sebatang rokok bikin tidur sangat lelap setelah sebelumnya pusing-pusing setengah muntah.
Jera..kapok !!!!

Hipotesis awal makin kuat.

Kuliahan semester awal ga ngudut, liatin perokok kayak Elf liatin Barbar. Apalagi ada bokap teman yang meninggal gara-gara TBC, makin bikin kayak Superman liat Kryptonite. Ditambah lagi anak depan kosan, parunya bolong di 3 tempat.

Seinget gw, petakanya dimulai ketika pulang dari kampuang nan jauah di mato. Perjalanan estafet Tabing-Cengkareng + Kampung Melayu-Yogya. Trip pertama untuk memberi kenyaman ke perasaan Ortu, trip kedua belajar-belajar nyunat dana transportasi. He3x. Lumayan selisih 200 rb sangat berharga buat Mahasiswa.
Di trip kedua, sambil nunggu bis malam Yogya, semakin banyak sosok2 yang sok2 akrab ngajakin ngomong ga jelas. Biar keliatan sangar dikit, biar ga dipalakin preman Kampung Melayu, mulai deh nyalaen sebatang rokok. Itupun lewat tawar menawar sotoy dengan pedagang asongan. Kali ini stamina sangat kuat, hasil tempaan komunitas sore GSP Yogya. Bangga banget jalani lonely trip dengan lagak sok jagoan. Mungkin juga perasaan penumpang-penumpang laennya yang juga mungkin jagoan kagetan. Tapi ada satu yang norak banget, seinget gw, pentolan preman pun ga ada yang nanyaen Bir botolan ma pedagang asongan. Basingseng juga penumpang yang satu itu. Walopun preman tentu punya kode etiknya juga.

Semester V tambah parah, tugas makin banyak, tambah lagi kerja sampingan yang nguras waktu. Dapet resep dari temen (ngudut-ers senior) didukung riset meratiin anak nongkrong montor genjot malam Sagan (tukang becak) kalo kopi + rokok bisa bikin ON ampe subuh. Praktikum hari pertama sukses. Hari berikutnya dicoba lagi, berhasil ngalang mata ampe jam 3 pagi.

Pose Jabrik di depan Komputer


Gila, gw praktekin 2 semester dengan ritme aktivitas yang sama. Temen kuliah belon ada yang tau, banter-banternya temen kos gw. Seninya bungkus rokok, gw tumpuk bikin rumah2an. Sekedar pengen tau, dah seberapa besar sumbangsih gw buat pencinta Serie A, buat mastiin AS ROMA ga cuma bisa jadi pecundang di tiap akhir musim. Kalo ada temen yang maen (dan bukan ngudut-ers) ke kosan, gw dah nyiapin sarung buat nutupin. Itu juga alasan gw ga bikin Big House (Rumah Gadang) , coz pasti makan perhatian (tanduk 15 cm butuh 6 bungkus lebar vertikal).
Temen yang mo maen, mesti bikin janji, kalo ga, mendadak gw ga ada di kosan. Setidaknya gw ga ada waktu buat menghilangkan bau khas Armani itu. Susah juga gerilya 2 semester. Bukannya muna, hanya saja pikiran gw, bakal banyak celaan kaum2 Elf lainnya jika membelot. Toh, dulu gw juga berpikiran sama.

Salah satu pojok di TKP

Terkadang berstatus perokok pasif, jarang beli sering nebeng. Kalo lagi cekak semangat ngajakin Bapak Kos buat caturan makin kuat. He3. Maklum stok rokoknya per bulan itungannya bisa slove. Bapak yang satu ini tergolong baek banget, asal pinter ngakrab2i-nya. Waktu muda siy lumayan keren, asli, maen musiknya gape bgt. Peka banget ma tangga nada. Bodohnya gw yang terlalu bego nyalin ilmu gitarnya. Banter2-nya gw cuma bisa jrang-jreng gitar ga jelas, sambil celoteh “Munaroh, Munaroh” (Salah satu lagu yang dipopulerkan Mandra di “Si Doel anak Sekolahan).

Gw yakin banget dia sangat sebel tiap kali caturan, gw cuma nawarin 2 set tiap kali caturan. Tapi sering. Skor 1-1 pun juga sering gw gantung dgn alasan ada tugas kuliahan, sambil berekspresi sok kaget. Tapi sering. Kalah 0-2 pun gapapa ma gw, bikin bapak kos senang juga kewajiban anak-anak kos tentunya. Lagian kalo dia kalah juga suka ngebekali satu pa dua batang lagi..He3x..Tentunya gw juga profesional, ga terpengaruh semacam sogokan-sogokan halus itu, kalo maen mesti abis-abisan. Itung-itung 2 set juga ga lebih banyak dari keinginan dan mood gw buat ngudut saat itu. .

* Untung hak progeratif buat ngutuk jadi batu cuma hak Ibu, ga Bapak Kos *

Gw inget pasti, Dia selalu memulai dengan Sicilia, mentok2nya juga Menoni

Pernah juga nyoba-nyoba permen cengkeh buat ngentiin keinginan ngudut, 2 minggu dicoba yang ada expense makin besar, permennya lebih mahal dan frekuensi-nya lebih banyak (tambah lagi ga ada asapnya).

Semester VIII waktunya ngabdi buat masyarakat (baca : KKN), gw dah niat banget buat berenti. Sehari sebelum terjun ke lokasi, puntung Dj**m gw gantung di stryrofoam kamar (iketennya iketan hukuman gantung di film2 koboy) sambil nulisin : “ SEMOGA INI YANG TERAKHIR ”.
Dengan bangga gw liatin ke Ibu Kosan. He3x. Sambil cengar cengir muji2 gw, sambil nawarin puding2 bikinannya (maklum kalo dia lagi seneng, demen ngasih-ngasih).

Dua bulan di Tepus Gunung Kidul amat luar biasa, malamnya dingin buner. Belum lagi program-program lumayan banyak, butuh banyak volunteer. Yaaaah, kebablasan lagi, keenakan ngomong ga nyadar narik rokoknya Pak Dukuh setempat. Setengah menyesal, lagi-lagi cucu cabut omongan. Mmmh, kadang sama dengan sepakbola yang universal, sama juga dengan rokok dalam sosialisasi.

Messi Tepus Facing Penalty



Kelar KKN, gw masuk kosan sambil ngisep. Ibu kosan kaget sambil teriak-teriak nunjukin styrofoam. Ngeles terbaik gw waktu itu, cuma bilangin ke Ibu Kos kalo sekarang rokok gw beda merek ma yang digantung di styrofoam. Alasan diterima, walo kali ini gw ga kebagian puding.. .Ga masalah juga siy, toh gw nawarin rokok ke anaknya juga bakal dapetin tu puding...

Kurang ajarnya lagi, di ucapan terimakasih gw di Skipsi, gw nyantumin tu merk2 rokok sebagai : Temen-temen curhat di dini hari (tentunya dengan nama-nama yang disamarin), sebagian teman gw nyengir sebagian lagi mencari tau nama-nama misterius itu. Se-ndeso-ndeso-nya temen gw kala itu ga ada yang namanya Mali (buat Marlb**o), Djari (buat Dja**m) ma Samsir (buat Dji ****, aargh, u know lah). Seneng juga kalo ada temen yang jeoules kalo posisi-nya tergantikan. He3x..

Nyeseknya sekarang kalo excercise, setiap abis jogging ato maen bola. Dulu nyisir lapangan 100 meter masih nyesel waktunya cuma 2x 40 menit. Sekarang 25 meter buat 1 jam aja udah payah. Beda dengan profesional yang membanting-banting sepatu karena diganti, gw malah memelas-melas buat diganti karena keabisan napas. Kadang bisa dimaklumi, kalo superstars pun terus berganti, seperti layaknya Zidane yang sekarang lebih banyak jalanin partai amal, begitu juga gw. Masalahnya kalo Zidane dah bangkotan banget gantung sepatu, nah gw belon 25 dah najong tralala bgt masalah stamina. Oya, gw cuma ngomongin stamina di lapangan futsal, ga di “lapangan” laennya. Emang belon pernah dicoba si di lapangan yang disebut terakhir, tapi gw sangat optimis-lah..Khe3x..

Ironisnya lagi, seringkali gw mikirin cara berenti ngudut sambil ngudut.

Dieng, entah tanggal berapa di 2005


Sekarang event-nya dah sangat mantabb. Seiring Pilkada Jakarta 2007, semoga program 5 batang perhari gw berjalan mulus buat ngadepin kamar bebas rokok di 2008.

I’m Governoor of myself.

Amien..



2 comments:

Unknown said...

Pan ane dah bilang, gak baek buat janin !!!
Bandel bandel bandel...

Anonymous said...

triomusketier.blogspot.com is very informative. The article is very professionally written. I enjoy reading triomusketier.blogspot.com every day.
guaranteed bad credit loans
canada payday loans